Friday, October 26, 2012

Masyarakat Dan Teknologi

Sebelum saya membahas mengenai masyarakat dan teknologi, saya akan mendefinisikan apa itu yang dimaksud dengan teknologi ? ...
Teknologi adalah cara untuk melakukan kegiatan atau mencapainya suatu kegiatan-kegiatan tertentu,secara ilmiah dengan praktis. Teknologi juga bisa diartikan sebgai sarana untuk kebutuhan manusia bagi kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup. Seperti halnya dalam istilah "teknologi informasi" yang berarti media yang bisa membantu manusia mengubah, membuat, mencari sesuatu yang diinginkan, serta untuk mempermudah berkomunikasi dan menyebar luaskan berita apapun yang di inginkan. Atau seperti halnya istilah "teknologi tinggi" yang mempunyai arti bahwa teknologi yang mempunyai kualitas yang tinggi yang belum ada menandinginya.

Masyarakat dan Teknologi

Dikalangan masyarakat, teknologi mempunyai pengaruh yang sangat tinggi serta mempunyai segala aspek kehidupan, karena teknolgi sudah menjadi bagian hidup untuk kita yang begitu penting / sangat dibutuhkan. Hampir segala sesuatunya itu bergantung pada teknologi. Dengan adanya teknologi semua pekerjaan akan menjadi lebih cepat dan mudah untuk menyelesaikan suatu pekerjan tersebut. Berbagai macam manfaat dalam teknologi bagi masyarakat itu mempunyai segi positif dan negatifnya, yang pasti tergantung yang mempergunakannya.
Pada dasarnya dalam segi positif, teknologi diciptakan agar manusia bisa mudah dalam melakukan segala aktifitas tertentu secara peraktis dan cepat sesuai kualitas teknologi tersebut diciptakan. Perkembangan teknologi begitu sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat seperti halnya dalam bidang industri, ekonomi, pendidikan, komunikasi, bisnis, mencari pekerjaan, melakukan segala aktifitas secara peraktis dengan menggunakan teknologi dan masih banyak lagi...

Didalam segi negatif, teknologi dikalangan masyarakat banyak sekali dipergunakan tanpa melihat salah atau benarnya. Seperti halnya dengan teknologi komputer yang dapat menyambung ke internet, itu bisa dipergunakan kearah yang negatif seperti contoh :

  • Mencuri data atau meng-copy karya hak milik orang lain tanpa seijin pemilik tersebut,
  • Melihat / berkunjung ke situs-situs yang berbau pornografi,
  • Lebih cendrung menggunakan teknologi dan melupakan pekerjaan lain,
  • Bertindak kejahatan seperti halnya membobol bank yang tak peduli itu halal atau haram,
  • Dan masih banyak lagi....
Selain dalam teknologi komputer, segi negatif didalam teknologi itu terjadi dalam teknologi lainnya seperti halnya mobil, motor, mesin cuci, sanyo (alat pompa air otomatis), akan mengakibatkan masyarakat lebih cendrung memakai teknologi tersebut yank dikarenakan lebih pratis tetapi bisa menjadi kerugian juga. Seperti contoh mobil / motor, orang-orang akan selalu menggunakan / mengendarai mobil /motor tersebut dibanding jalan kaki, yang selalu mengakibatkan jalan macet, kecelakaan dan sebagainya...atau mungkin mesin cuci dan sanyo,,, manusia selalu menggunakan mesin cuci dan sanyo tersebut dibanding melakukan pekerjaan secara manual ( memakai tangan ), yang akibatnya bisa selalu malas atau manusia diam malas juga akan menjadi penyakit karna tanpa aktifitas-aktfitas yang menyehatkan badan.
Begitulah Teknologi dikalagan masyarakat, mempunyai manfaat-manfaat serta kerugian yang didapat, semoga dikalangan masyarakat indonesia bisa selalu pitar-pintar membagi waktu dalam menggunakan teknologi tersebut dan bisa menjaga moral+etika didalam teknologi komputer.

0 Comments:

Post a Comment

{Ayo tulis bila ada masukan serta pertanyaan di bawah ini }

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
PEMBERITAHUAN KEPADA SEMUA PENGUNJUNG, BAHWA BLOG INI TIDAK AKTIF (UPDATE) LAGI, DAN DIGANTIKAN KE : "{ http://information-attract.blogspot.com }"
Free Web Hosting