Sunday, October 14, 2012

Gejala HIV / AIDS

Sebelum saya membahas tentang gejala HIV / AIDS, saya akan membahas tentang apa sih HIV /AIDS ????
HIV adalah kependekan dari Human Immunodeficiensi Virus, yaitu virus yang menyerang di sistem kekebalan tubuh manusia. Orang yang mengindap HIV disebut HIV + ( HIV Positif ) atau mengindap HIV secra fisik biasa saja tidak berbeda dengan orang lain yang normal. Setelah samapi 5-10 tahun lama nya, seseorang pengindap HIV dapat berubah menjadi penderita AIDS.


Kepanjangan dari AIDS adalah " Acquired Immune Deficiency Syndrome, yaitu kumpulan gejala penyakit akibat hhilangnya sistem kekebalan tubuh seeorang. Penderita AIDS pada awalnya tidak berbeda dengan orang lain yang tidak terkena penyakit tersebut, namun pada seorang pengindap HIV atau AIDS, sebuah penyakit ringan pun akan berubah menjadi menderita dan gejala yang lebih berat flu, misalnya pada orang normal akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih dari satu minggu, meskipun tidak diobati sama sekali asal cukup makan dan tidur / istrahat. Sedangkan bila gejala flu ini di orang yang mengderita HIV atau AIDS, penyakit flu ini akan menetap lama bahkan semakin parah dari waktu ke waktu. Jadi penyakit AIDS tidak akan mati karna penyakit AIDS-nya sendiri tetapi oleh penyakit lain yang dideritanya.


Gejala HIV /AIDS biasanya tidak menunjukan gejala apapun, oleh karenanya satu-satunya cara untuk memastikan adanya HIV / AIDS adalah melalui pemeriksaan laboratorium. Tetapi bila seseorang trinfeksi selama 3 bulan pertama ( Windows Period ), seserang tidak dapat mengetahui apakan dia trinfeksi atau tidak. Bahkan meski sudah diperiksa dilaboratorium pun akan menghasilkan negtif padahal saat itu gejala trsebut sudah dapat menular kepada orang lain.

Terhitung bila seserang trindap HIV selama 5-10 tahun, barulah dia akan menderita penyakit AIDS. Dan kemudia akan mati dalam 2-3 tahun sesudahnya.

Pada perinsipnya Penularan HIV /AIDS melalui perpindahan virus dari darah / cairan sperma / vagina seorang penderita kepada orang lain. HIV hanya dapat menular melalui cairan dua jenis tadi, jadi seperti air ludah, keringat, air mata, dan lain-lain.

Berikut penularan HIV melalui :

  1. Berhubungan seksual, baik yang normal maupun yang homo.
  2. Tranfusi darah yang mengandung HIV atau transpalantasi organ tubuh dari penderita.
  3. Penggunaan alat suntik dan tusuk ( tindik, tato, pisau cukur, bahkan sikat gigi ) yang brgantian dengan penderita penyakit AIDS.
  4. Perpindahan HIV dan penderita AIDS yang hamil kepada yang dikandungnya.
Kegiatan yang tidak menuarkan HIV /AIDS yaitu :
  1. Hidup serumah dengan pengindap HIV / penderita AIDS.
  2. Bersenggolan dengan pengindap HIV / penderita AIDS.
  3. Bersentuhan dengan barang atau pakaian.
  4. Berjabat tangan.
  5. Batuk atau bersin dengan pengindap HIV / penderita AIDS.
  6. Makan dan minum walaupun dengan barang yang sama.
  7. Gigitan nyamuk atau serangan lain.
  8. Berenang bersama.
Berikut pencegahan HIV / AIDS yaitu :
  1. Meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta bertakwa.
  2. Berperilaku sek dengan halal dan sehat.
  3. Berhati-hati dalam menggunakan produk darah, jarum suntik atau tusuk lainnnya dari trimpeksi HIV.
  4. Bagi yang belum menikan diharapkan jangan melakukan seksual / sek bebas.
  5. Setia pada pasangan yang satu dan tidak trinfeksi HIV.
  6. Gunakan kondom setiap kali bila berhubungan sek yang beresiko.
  7. Hindari jarum suntik secara bergantian dan tidak steril.
Nah sobat, Jadi harus waspada terhadap virus HIV / AIDS.
Yang saya sarankan anda jangan berhubungan sek bebas dan yang belum menikah jangan melakukan seks, lakukan seks bila sudah halal dengan pasangan anda dan setia,,jhhe ;)

0 Comments:

Post a Comment

{Ayo tulis bila ada masukan serta pertanyaan di bawah ini }

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
PEMBERITAHUAN KEPADA SEMUA PENGUNJUNG, BAHWA BLOG INI TIDAK AKTIF (UPDATE) LAGI, DAN DIGANTIKAN KE : "{ http://information-attract.blogspot.com }"
Free Web Hosting