Monday, October 8, 2012

Kebudayaan Sulawesi Tengah


Kebudayaan sangat erat hubunagnna dengan masyarakat. Melveli J. Herskovit dan Bronoslaw Malonowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-determinism.

Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Adreas eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius dan lain-lain, tambah lagi segala pertanyaan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. Didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, keseniman, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seorang anggota masyarakat.

Dari definisi diatas, dapat diperoleh  pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebadayaan itu bersifat abstrak.

“ Menurut saya kebudayaan adalah  sesuatu yang mengenai cara hidup, pandang, hukum, adat, seni, norma, agama, dan pola pikir yang diwariskan secara turun temurun dari zaman dahulu hingga zaman sekarang ini “.

Kebudayaan Sulawesi Tengah

Sedikit mengenai kebudayaan Sulawesi Tengah tepatnya diteluk Tomini dijumpai suku bangsa yang bahasanya sedikit dari bahasa Ledo dan bahasa Poso (Bare’e). Mereka itu dinamakan suku Tomini yang terdiri atas suku yaitu :
  • Suku Tialo
  • Suku Lauje

Pada masyarakat itu ditemui satu kepercayaan bahwa asal mula kejadian hidup ialah disuatu temapt diatas Pegunungan Palasa bernama Lembo Dayon. Menurut ceritanya karena pertemuan langit dan bumi, karena banyak kelompok etnis mendiami Sulawesi Tengah, maka terdapat pula banyak perbedaan diantara etnis tersebut yang merupakan khasan harmonis dalam masyarakat. Mereka yang tinggal dipantai bagian barat kabupaten Donggala telah bercampur dengan msyarakat Bugis dari Sulawesi Selatan dan masyarakat Gorontalo. Dibagian Timur pula Sulawesi, juga terdapat pengaruh kuat Gorontalo dan Menado, terlihat dari dialek daerah Luwuk, dan sebaran suku Gorontalo dikecamatan Bualemo yang cukup dominan.

Dalam musik dan tarian di Sulawesi Tengah bevareasi antara daerah yang satu dengan lainnya. Musik tradisional memiliki instrumen seperti suling, gong dan gendang. Alat musik ini lebih berfungsi sebagai hiburan dan bukan sebagai bagian keagamaan. Diwilayah beretnis Kaiili sekitar pantai barat, Waino musik tradisional ditampilkan ketika ada upacara kematian. Kesenian ini telah dikembangkan dalam bentuk yang lebih populer para pemuda sebagai sarana mencari pasangan disuatu keramaian. Banyak tarian yang terkenal seperti Dero yang berasal dari masyarakat Pamona, kabupaten Poso dan diikuti oleh masyarakat Kulawi, kabupaten Donggala. Tarian dero khusus ditampilkan ketika musim panen, upacara penyambutan tamu, syukuran dan hari-hari besar tertentu.

Di dalam bahasa dan tulisan yang dipakai Oleh masyarakat Sulawesi Tengah, dikenal cukup banyak bahasa yaitu bahasa Kaili, Tomini, Pamona, bada, Napu, Pipikoro, Toli-toli, Buol, Saluan, Balantak, dan bahasa Banggai. Tetapi diantara pemakai bahasa-bahasa daerah tersebut sebagian besar dapat saling mengerti satu sama lain.

Dalam agama, masyarakat Sulawesi Tengah sebagian besar 72,36% penduduk memeluk agama islam, 24,51% memeluk agama keristen, dan 3,13% memeluk agama hindu dan budha. Islam disebarkan di Sulawesi Tengah oleh Datuk Karamah, seorang ulama dari Sumatra Barat dan diteruskan oleh Said Idruss Salim aldjufri, seorang guru ulama Alkhairaat. Agama kristen pertamakali disebarkan dikabupaten Poso dan bagian Selatan Donggala oleh Missioner Belanda A. C Cruyt dan Adrian.

2 Comments:

Silvia Harlena said...

Tolong sertakan 5 link wajib UG, seperti
- www.gunadarma.ac.id
- www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah softskill

Selain itu, silahkan ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
untuk setiap kategori. link
http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

oh iya, untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

makasi :)

Maulana Akhsan said...

iya ibu terimakasih..... :)
itu link gunadarma sudah ada ibu....
ama lomba blog saya masih belum ngerti bu....cara nulis di warta warganya gimana bu?

Post a Comment

{Ayo tulis bila ada masukan serta pertanyaan di bawah ini }

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
PEMBERITAHUAN KEPADA SEMUA PENGUNJUNG, BAHWA BLOG INI TIDAK AKTIF (UPDATE) LAGI, DAN DIGANTIKAN KE : "{ http://information-attract.blogspot.com }"
Free Web Hosting