Sunday, October 28, 2012

Contoh Makalah Dampak Positif Perkembangan TIK dibidang Sosial & Ekonomi

DAMPAK POSITIF
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
DI BIDANG SOSIAL DAN EKONOMI
Disusun Oleh :
Nama
NPM
Idris
13112556
Indra Warman Saragih
18112060
Irman Mazmur Sitomorang
13112814
M. Adrian Nugraha
14112300
Maulana Akhsan
14112481
Mohammad Rafli
14112721
M. Alviandika Renaldy
14112870
Muhammad Nur
15112022
M. Surya Armada
15112103
Osha Christina
15112608
Pahrudin
15112620
                                                                                                                                                      


FAKULTAS ILMU KOMPUTER
JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2012 / 2013
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
            Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karna atas berkat dan limpah-Nya maka kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “ Dampak Positif Teknologi Informasi di Bidang Sosial dan Ekonomi ” dengan tepat waktu.
Penyusunan makalah ini merupakan salah satu tugas pertama mata kuliah Pengantar Teknologi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Sistem Informasi di Unversitas Gunadarma kota Depok.
Dalam penyusunan makalah ini kami menyampaikan ucapan terimakasih yang tidak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyusunan makalah ini, khususnya kepada ;
1.      Ibu Vivi Afifah selaku dosen pembimbing mata kuliah Pengantar Teknologi Sisitem Informasi, yang telah meluangkan waktu untuk memberikan tugas kepada kami, sehingga kami terdorong untuk segera menyelesaikan penyusunan makalah ini.
2.      Anggota-anggota kelompok yang telah berusaha membantu dalam penyelesaian penyusunan makalah ini.
Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan kami khususnya. Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dalam kesempurnaan dan masih banyak ada kekurangan serta kesalahan. Untuk itu kami mohon maaf sebesar besarnya dan meminta saran dan keritik yang bersifat membangun demi memperbaiki kearah kesempurnaan.
Akhir kata kami menyampaikan terimakasih.

Jakarta, 20 Oktober 2012

Penyusun ;

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 DAFTAR ISI
Halaman .............................................................................................................. i
Kata Pengantar ................................................................................................... ii
Daftar isi ............................................................................................................. iii
BAB I Pendahuluan ........................................................................................... 1
1.1  Latar Belakang ........................................................................................ 1
1.2  Perumusan Masalah ................................................................................ 2
1.3  Tujuan ..................................................................................................... 2
1.4  Manfaat ................................................................................................... 2
BAB II Pembahasan ........................................................................................... 3
2.1  Pengertian Teknologi Informasi .............................................................. 3
2.2  Dampak Positif ....................................................................................... 4
BAB IV Penutup ................................................................................................ 6
3.1  Kesimpulan ............................................................................................. 6
3.2  Saran ....................................................................................................... 6
Daftar Pustaka .................................................................................................... 7
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Di era globalisasi, kehadiran perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi segala bidang kehidupan, baik ekonomi, sosial, pendidikan, pertahanan keamanan, dan bidang lainya. Teknologi informasi pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu, tepat guna, dan tepat sasaran. Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.
Kita harus selalu mencari tahu tentang perkembangan teknologi informasi serta berpikir lebih maju untuk menghadapi persaingan-persaingan, memenuhi kebutuhan serta memudahkan manusia dalam mencari informasi maupun menerima informasi. Sehingga saat ini jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang dalam berkomunikasi dan dalam mencari sebuah informasi. Didalam bidang sosial yang merupakan berkomunikasi itu sangat dibutuhkan untuk bisa saling berinteraksi dengan sesama, teknologi informasi sangat begitu dibutuhkan. Serta didalam bidang ekonomi, teknologi informasi juga sangat dibutuhkan seperti halnya didalam mencari pekerjaan, menjual serta mempromosikan suatu barang dagangan, dan lain-lainnya.
1.2              Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas yang telah diuraikan, masalah perlu disebutkan adalah ;
1)      Apa yang dimaksud dengan Perkembangan Teknologi Informasi ?
2)      Apa dampak positif Perkembangan Teknologi Informasi dibidang Sosial ?
3)      Apa dampak positif Perkembangan Teknologi Informasi dibidang Ekonomi ?
1.3              Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Perkembangan Teknologi Informasi, mengetahui dampak positif Pekembangan Teknologi Informasi didalam bidang Sosial dan Ekonomi. Agar kalian selaku pembaca dan kami selaku penyusun makalah ini, selalu menggali ilmu pengetahuan Teknologi Informasi.
1.4              Manfaat
Manfaat dari penyusunan makalah ini adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang Perkembangan Teknologi Informasi dibidang sosial dan ekonomi serta manfaat / dampak positifnya dibidang tersebut. Khususnya kami selaku mahasiswa yang pasti kurang dalam ilmu pengetahuan dan haus dalam mencari ilmu, agar kami selalu menggali dan menambah wawasan mengenai Perkembangan Teknologi Informasi.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB II
PEMBAHASAN
2.1              Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi. Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga berupa telpon, TV, dan piranti genggam pribadi seperti halnya ponsel. Dalam pengertian teknologi informasi dibagi menjadi dua yaitu :
1)      Teknologi
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong kita untuk menyelesaikan suatu masalah-masalah yang mencakup dari semua bidang.
2)      Informasi
Informasi adalah hasil pemprosesan, untuk memanipulasi dan peng-organisasian / penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan bagi penggunannya.
Jadi pengertian Teknologi  Informasi adalah suatu teknologi yang dikembangkan berbagai macam aplikasi / alat, untuk mengelolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan serta merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan-keputusan.
2.2              Dampak Positif
Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi informasi ikut berkembang dengan pesatnya. Dengan perkembangannya tersebut, berbagai macam kegiatan-kegiatan atau pekerjaan manusia, sudah dapat dengan mesin-mesin otomatis. Pada awalnya sudah dapat harus mengeluarkan kemampuan fisiknya yang cukup besar untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan dan untuk bersosialisasi atau berkomunikasi.
Kemajuan Teknologi Informasi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam segala aspek kehidupan, karena kemajuan Teknologi Informasi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap yang diciptakan untuk memberikan manfaat posotif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.Khusus dalam bidang Teknologi Informasi, masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan. Dalam berbagai bidang kami hanya akan membahas mengenai dua bidang dampak positif dari perkembangan teknologi informasi, yaitu :
a)      Bidang Sosial
Di bidang sosial, Perkembangan Teknologi Informasi mempunyai manfaat dimasyarakat. Seperti halnya dalam berkomunikasi, bersosialisasi, kita dapat menggunakan teknologi untuk mempermudah dan praktis secara jarak jauh. Seperti halnya dengan kehadiran komputer, manusia dapat melakukan interaksi kemana saja dan dimana saja. Komputer yang disambungkan dengan telepon telah membuka peluang bagi masyarakat untuk berhubungan melalui internet dan mempermudah dalam berkomunikasi dimana saja dan kemana saja.
Selain dalam berkomunikasi, Perkembangan Teknologi Inforamasi sangat beperan dalam kepribadian masyarakat untuk selalu maju dan menggali ilmu serta menambah wawasan dan skill. Perkembangan Teknologi Informasi juga dapat melahirkan generasi-generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras karna semua tekanan, kompetisi yang tajam diberbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi.
b)      Bidang Ekonomi
Dari bidang ekonomi, Teknologi Informasi berkembang sangat pesat. Dalam bidang ini sangat berguna untuk membantu masyarakat dalam pekerjaan-pelerjaan atau pun dalam dunia industri yang produktifitasnya semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktifitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktifitas dunia ekonomi.
Di masa depan, Perkambangan Teknologi Informasi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukan bahwa akan menunjukan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dan selera individu akan terpenuhi, dan yang lebih penting konsumen  tidak perlu lagi pergi ke toko atau pun dalam pembayaran tidak perlu repot-repot memegang banyak uang sebagai alat penukaran barang, dan tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan teransaksi. Di dalam segi pekerjaan pun perkembangan teknologi informasi sangat berguna untuk mempermudah penjual untuk mempromosikan produk dagang secara cepat dan nyaman.
Dalam bidang ekonomi pun Teknologi Informasi dapat mempermudah membuka lapangan kerja, berguna untuk masyarakat dalam mencari informasi-informasi mengenai pekerjaan dan bisa menghasilkan uang secara mudah melalui internet.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB III
PENUTUP
3.1              Kesimpulan
Kami dapat menyimpulkan dari makalah yang kami susun bahwa Perkembangan Teknologi Informasi itu sangat penting untuk kebutuhan-kebutuhan manusia dalam berbagai bidang-bidang dan aspek kehidupan. Seperti halnya dibidang sosial, teknologi informasi sangat penting untuk mencari suatu segala informasi didunia, serta membantu agar manusia bisa lebih mudah berkomunikasi, tanpa memikirkan seberapa jauh yang dia tuju serta mau dimana dia berada. Perkembangan Teknologi Informasi juga bermanfaat dibidang ekonomi, untuk membantu mempromosikan produk dengan iklan secara mudah dan cepat, mempermudah untuk mencari informasi mengenai pekerjaan serta cara mendapatkan uang yang lebih mudah di internet.
3.2              Saran
Seiring dengan Perkembangan Teknologi Informasi, saran dari kami agar selaku pembaca selalu mempergunakan Teknologi tersebut, dengan memanfaatkan dengan baik dan mempergunakannya ke hal yang positif, dan kami berharap agar Perkembangan Teknologi Informasi bisa lebih ditingkatkan / dipercanggih lagi dan dipermudah lagi dalam mempergunakannya. Kami juga menyarankan kepada pembaca agar senantiasa selalu menggali dan mencari tahu tentang ilmu pengetahuan Teknologi Informasi serta Perkembangannya.
Demikian yang kami paparkan dalam makalah ini, yang tentunya masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dalam penyusunannya. Kami mohon kepada para pembaca yang budiman agar dapat memaklumi serta memberikan keritik dan saran yang membangun kepada kami.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1 Comments:

Unknown said...

terimakasih atas kunjungannya... amin...! :)

Post a Comment

{Ayo tulis bila ada masukan serta pertanyaan di bawah ini }

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
PEMBERITAHUAN KEPADA SEMUA PENGUNJUNG, BAHWA BLOG INI TIDAK AKTIF (UPDATE) LAGI, DAN DIGANTIKAN KE : "{ http://information-attract.blogspot.com }"
Free Web Hosting