Wednesday, December 5, 2012

Menjaga Akhlak Baik


Menjaga Akhlak Baik
Manusia dilahirkan dalam keadaan suci sewaktu keluar dari rahim ibu. Tak ada manusia yang dilahirkan dari kandungan yang mengandung dosa ibu ayahnya (orang tua). Karna manusia semenjak dari awal itu bersih dari dosa-dosa dan kesalahan, meski orang tuanya itu mempunyai kesalahan atau dosa-dosa. Prinsipnya manusia itu bersih dari beban dan dosa-dosa menurut ajaran islam.

Dalam islam mengajarkan moral, agar manusia dapat menjaga kefitrahan atau kebaikannya. Seorang bayi yang baru dilahirkan dari kandung ibunya, tentu akan menjadi tanggung jawab orang tuanya. Baik buruk, tentu akan tergantung bagaimana orang tua yang mengajarkannya.

Manusia harus menjaga akhlaknya karna manusia itu dikaruniai nafsu-nafsu oleh Allah SWT, dalam segi apapun terkeculi dalam kebaikan seperti selalu ingin menacari ilmu (haus akan ilmu), dan pokonya dalam segi kebaikan deh....jhehehehe. Menjaganya harus dengan apa????......harus dengan IMAN. Bila tidak, manusia akan selalu terjerumus kedalam kenistaan atau kesalahan-kesalahan. So apa akah yang dimaksud dengan iman itu????? Apa coba????....

Iman itu berarti percaya, dan menurut ajaran islam itu iman artinya “tunduk patuh terhadap apa-apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi semua larangan-larngannya”. Maksudnya kita itu bukan hanya percaya saja, so...kita juga harus patuh dan tunduk terhadap Allah SWT. Bila tidak, bagaimana kita mau bisa menjaga akhlak kita yang baik, sedangkan kita hanya percaya dan tidak menuruti atau patuh terhadap perintah-Nya. Kita harus menjaga keimanan kita dengan sekuat-kuatnya. Solusi pertamanya kita harus selalu mendirikan ibadah sholat. Sholat itu baik untuk menjaga dari hal-hal perbuatan yang keji dan munkar. Selain dalam sholat kita juga harus selalu bedoa untuk meminta agar selalu dituntun kejalan yang lurus (Allah SWT).

Kegunaan dalam menjaga akhlak yang baik, tentunya kita akan selalu disegani dan mendapatkan simpati oleh orang lain. Seperti dalam hadis dibawah ini :

Kamu tidak bisa memperolah simpati semua orang dengan hartamu tetapi dengan wajah yang menarik (simpati) dan dengan akhlak yang baik. (HR. Abu Yu'la dan Baihaqi).

Hadis lain juga menerangkan tentang Akhlak yang baik yaitu :

Kamu tidak bisa memperolah simpati semua orang dengan hartamu tetapi dengan wajah yang menarik (simpati) dan dengan akhlak yang baik. (HR. Abu Yu'la dan Baihaqi). Dan masih banyak lagi hadis-hadis yang menerangkan tentang akhlak.

Jadi kita harus menjaga akhlak kita dengan baik dan ketat didalam diri kita, agar kita selalu mempunyai akhlak yang baik dan tidak selalu terkecoh oleh akhlak yang buruk. Dikarnakan, didalam hidup didunia ini begitu banyak godaan dan cobaan yang selalu menyelimuti kita untuk selalu terjerumus kedalam yang tidak baik. Bila kita tidak begitu ketak dalam menjaga akhlak kita, tentunya kita suatu saat akan terjerumus dalam kemaksiatan atau ke hal-hal yang tidak baik. Solusinya kita kembali menuju iman dan takwa kepada Allah SWT.

Berikut cara-cara untuk menjaga akhlak yang baik yaitu :

1. Kita harus memegang teguh prinsip kebaikan.
Dalam hal ini, dimanapun dan dalam kondisi apapaun kita harus menjaga kebiaikan dan tidak terpengaruh oleh situasi kondisi lingkungan sekitar.

2. Selalu mengoreksi dan memperbaiki diri.
Manusia selalu didasari dengan kesalahan dan kebaikan yang mungkin pastinya kesalahan dalam diri manusia (diri kita) susah untuk kita lihat dan kebaikan yang selalu kita bisa lihat. Jadi kita harus selalu berkaca diri, apakah kita sudah menjadi baik, dan apakah kita sudah menjadi lebih baik dengan merenungi perjalanan hidup kita didunia yang penuh dengan cobaan-cobaan.

3. Selalu menerima saran dan kritik yang membangun.
Orang yang tidak menerima keritik dari orang lain dan ia selalu merasa dirinya itu baik dan selalu menilai orang lain buruk, tentunya itu akan menjadi sesuatu pribadi yang sombong dan kita termasuk kedalam orang yang celaka. Tentunya kita harus menerima keritik atau saran atau masukan orang lain, baik itu teman ortu dan guru, agar kita selalu bisa menjadi lebih baik.

4. Bersemangat dalam menjaga memperbaiki akhlak baik.
Dalam hal ini kita harus menjaga semangat kita agar kita selalu terus menerus memperbaiki dan membangun akhlak yang baik dan tidak terpengaruh oleh keluhan atau rasa cape atau intinya mengeluh.

5. Selalu berdoa dan mendirikan sholat.
Dalam diri kita seperti dalam cara no "1", kita merupakan manusia yang sempurna tetapi juga didasari dengan kesalahan. Jadi kita diharuskan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT dan mendirikan sholat agar kita terbimbing untuk terus selalu berada dijalan Allah SWT yang tentunya bila kita selalu terus berada dijalan Allah SWT, kita pasti mempunyai akhlak yang baik.

0 Comments:

Post a Comment

{Ayo tulis bila ada masukan serta pertanyaan di bawah ini }

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
PEMBERITAHUAN KEPADA SEMUA PENGUNJUNG, BAHWA BLOG INI TIDAK AKTIF (UPDATE) LAGI, DAN DIGANTIKAN KE : "{ http://information-attract.blogspot.com }"
Free Web Hosting