Thursday, January 24, 2013

Al-Qur'an Sebagai Pedoman Hidup

Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang mengandung petunjuk bagi umat manusia dan menjadi pedoman hidup mereka yang ingin mencapai kebahagian didunia dan akhirat. Al-Qur'an diturunkan tidak hanya untuk satu umat atau satu abad, akan tetapi Al-Qur'an diturunkan untuk selurh umat manusia dan berlaku sampai akhir zaman. Al-Qur'an merupakan kunci dari segala dan jenis ilmu serta ajaran-ajaran yang sangat luas sama dengan luasnya sejarah kehidupan umat manusia.

Al-Qur'an adalah Kalam Allah SWT, yang merupakan mukjizat yang diturunkan atau diwahyukan kepada Nabi Muhammad SWT, ditulis di Mushaf dan diriwayatkan secara mutawatir serta membacanya adalah ibadah.

Al-Qur'an tersebut diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari atau kurang lebih 23 tahun lamanya.

Dalam mempelajari Al-Qur'an dan mengamalkannya kepada orang lain, merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Dengan meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan isi Al-Qur'an dengan sebenar-benarnya, maka dapat dipastikan, Allah akan memberi jaminan bagi setiap tidak akan tersesat dan akan meraih kebahagian dunia dan akhirat.

Kandungan-kandungan dalam Al-Qur'an mempunyai poko-pokok masalah mengenai manusia, masyarakat, kehidupan, sosial ekonomi, politik, sejarah, hukum, prinsip-prinsip disiplin, kerja keras, penciptaan alam semesta, mengenai haram halal, penciptaan manusia, dan masih banyak lagi. Bila kita mempelajari dengan sungguh-sungguh maknanya, maka kita akan mengerti kebenarannya, kemuliaannya, yang terkandung dalam Al-Qur'an. Sebagai contoh gambarannya anda lihat saja filem Keajaiban Al-Qur'an yang dibuat oleh Harun Yahya, itu menggambarkan Al-Qur'an adalah pedoman untuk umat manusia dan didalamnya mengandung makna yang sangat luas serta mempunyai keistimewaan didalamnya bila kita memang benar-benar mempelajari Al-Qur'an dengan seksama dan teliti memakai logika dan akal pikiran yang sehat, maka kita akan mengerti tentang kebenaran suati isi kandungan Al-Qur'an tersebut.

0 Comments:

Post a Comment

{Ayo tulis bila ada masukan serta pertanyaan di bawah ini }

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
PEMBERITAHUAN KEPADA SEMUA PENGUNJUNG, BAHWA BLOG INI TIDAK AKTIF (UPDATE) LAGI, DAN DIGANTIKAN KE : "{ http://information-attract.blogspot.com }"
Free Web Hosting